Railing Tangga, Aman & Nyaman

Posted: January 30, 2013 in Arikel
Kehadiran tangga sebagai penghubung lantai satu dengan lantai di atasnya merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan. Selain bersifat fungsional, keberadaan tangga di rumah Anda juga dapat menjadi elemen pelengkap dekorasi. Sebelum mengenal lebih jauh fungsi dan kegunaan railing, ada baiknya kita mengenal struktur tangga terlebih dahulu.
Struktur tangga terdiri atas bagian-bagian yang saling menopang satu sama lain. Kehadiran elemen yang satu dengan elemen lainnya saling berhubungan. Sistem struktur tangga sendiri terdiri atas anak tangga vertikal (riser) untuk pijakBahan Baja Ringanan tangga horizontal (tread), ibu tangga yang memegang anak tangga (string), tiang utama (newel), pegangan tangga/ railing (handrail), dan pagar tangga (baluster).
Apakah railing itu?
Railing merupakan salah satu bagian dari struktur tangga yang berfungsi pengaman bagi penghuni. Ternyata ketika diposisikan sebagai elemen interior, pemilihan railing yang tepat dapat memperkuat komposisi ruangan. Hal ini disebabkan oleh pemasangan railing yang berupa repetisi (perulangan) elemen garis yang teratur sesuai jumlah anak tangga.
Dibandingkan dengan tembok masif yang mengelilingi dan mengamankan sebuah tangga, railingmerupakan pilihan yang lebih baik karena dapat memungkinkan sirkulasi udara yang lebih lancar. Pemasangan railing juga masih dapat memungkinkan komunikasi antara ruang atas dan bawah pada sela-sela antara rongga railing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s